5 Trik agar Anak Mau Minum Susu

5 Trik agar Anak Mau Minum Susu

Ada banyak alasan anak enggan minum susu setelah Anda menyapih si kecil, misalnya rasa susu sapi yang kurang enak, belum beradaptasi dengan kebiasaan baru, penyajian susu yang kurang tepat, dan lain-lain. Padahal anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang baik dari susu guna mendukung pertumbuhan tulang, gigi dan kecerdasan otak lebih baik. Susu coklat bisa Anda pilih untuk anak yang kurang menyukai aroma susu sapi murni yang lebih amis.

Cara mengajarkan anak minum susu coklat

Meskipun Anda sudah memilih susu coklat untuk anak, tetapi bisa saja si kecil masih enggan mengkonsumsi susu tersebut. Sebelum Anda memaksa anak minum susu minimal satu gelas per hari, maka cobalah trik sederhana dalam mengajarkan anak minum susu berikut :

1. Mengenalkan makanan dengan bahan utama susu

Jika anak tidak suka minum segelas susu secara langsung, cobalah trik sederhana mengenalkan makanan dengan bahan utama susu lebih dulu seperti yoghurt, es krim, kue susu, dan lain-lain.

2. Membuat olahan makanan dari susu

Ajak anak mencoba membuat olahan makanan dari susu di dapur rumah bersama-sama. Jenis olahan makanan atau minuman dengan bahan susu yang bisa Anda coba yaitu milkshake dingin, smoothie menggunakan bahan buah dan susu bubuk coklat, puding susu coklat, dan lain-lain. Biarkan anak ikut membuat olahan makanan atau minuman, lalu ia akan tertarik mencoba hasil karyanya sendiri.

3. Menyediakan camilan atau kue

Jika anak enggan minum segelas susu biasa, coba tambahkan menu camilan di samping susu tersebut. Pilih jenis camilan yang bakal disukai si kecil seperti cookies, kue atau sereal yang bisa dicampur dengan susu. Dijamin anak-anak akan lebih antusias minum susu dibandingkan Anda memaksanya untuk minum segelas susu sampai tandas.

4. Memakai tempat yang unik

Tempat susu yang unik seperti botol dengan sedotan warna-warni bisa mendorong anak minum susu lebih semangat. Anda juga bisa memilih gelas susu dengan karakter kesukaan si kecil agar ia lebih bersemangat minum susu setiap sarapan atau pergi tidur. Tidak ada salahnya mengajak anak membuat susu sendiri agar ia mau minum susu tersebut.

5. Konsisten dan sabar

Mengajari anak suka minum susu memang perlu waktu, apalagi anak yang tidak suka susu sama sekali. Konsisten dan sabar dalam membimbing si kecil menjadi kunci agar anak bisa minum susu secara rutin. Seiring usia mereka yang semakin besar, ajak anak berdiskusi mengenai manfaat minum susu bagi kesehatan tubuh sendiri.

Susu coklat bisa menjadi pilihan susu untuk anak yang tidak suka aroma susu sapi murni karena memiliki kandungan kakao. Pastikan Anda mengecek komposisi dengan baik agar bisa memilih jenis susu yang mengandung gula buatan lebih rendah atau less sugar, ya! Anak yang minum susu tanpa tambahan pemanis berlebihan bisa mendapatkan manfaat kesehatan lebih baik, alih-alih konsumsi susu tinggi gula yang bisa berakibat pada kesehatan kadar gula darah dan obesitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*